Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar

Teknisipintar.com - Sambungan dari apa-arti-bunyi-beep-pada-bios-pc Kali ini akan membahas cara yang memperbaikinya secara benar.Ikuti langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.
Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar

 
1.    Lepas semua kabel yang terhubung pada CPU.

2.    Buka casing CPU.

3.   Lepas RAM (memory) yang terpasang pada slot DIMM. Jika Anda menggunakan 2 keping RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, bisa saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada konektor RAM. Seteiah Itu pasang salah satu RAM sa)a dan hidupkan komputer.

4.    Jika langkah 3 bisa mengatasi masalah, lanjutkan dengan memasang keping RAM yang satu lagi. Jika dengan memasang RAM yang kedua komputer kembali mendapatkan masalah, berarti salah satu RAM Anda mengalami kerusakan. Lepas kembali RAM tersebut dan pasang satu keping RAM saja.

5.    Jika dengan langkah 3 dan 4 masalah tidak teratasi, lakukanlah langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jika Anda menggunakannya, lepas VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA seperti pada saat membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, setelah itu hidupkan komputer.

6.    Jika langkah 5 sudah dilakukan dan masalah belum teratasi, coba lepas semua hardware eksternal yang terpasang, seperti modem, sound card eksternal, ethernet card eksternal, dan komponen lainnya jika ada. Sisakan yang terpasang pada mainboard hanya VGA card eksternal dan RAM saja, kemudian hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer bisa normal kembali, kerusakan terdapat pada hardware yang Anda lepas tadi. Untuk mengetahui hardware mana yang rusak, coba pasang kembali hardware yang dilepas tadi satu per satu. Pada saat komputer error lagi ketika memasang salah satu hardware, berarti hardware tersebutlah biang keladinya. Ganti saja dengan hardware yang baru.

7. Jika langkah 6 juga tidak memberikan hasil, berarti masalah terletak pada prosesor atau bahkan motherboard Anda. Namun untuk memastikan kerusakan prosesor atau motherboard, ada baiknya Anda mengetes VGA card eksternal dan RAM Anda di CPU lain yang memakai VGA card dan RAM yang sejenis dengan milik Anda. Jika ternyata RAM dan VGA card Anda berjalan normal pada CPU lain, Anda bisa mengetes prosesor pada CPU lain yang sejenis (sekadar memastikan kerusakan prosesor). Jika memang prosesor Anda error, sebaiknya Anda membeli prosesor baru. Namun, jika prosesor Anda berjalan normal pada CPU lain, berarti ada kerusakan pada motherboard. Anda boleh mendatangi klinik komputer untuk memperbaikinya atau bisa membeli motherboard baru.

Demikian Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar.Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel