9 Cara mempercepat Kecepatan Internet Jaringan Anda

Teknisipintar.com - Jika Anda memiliki sebuah jaringan kabel atau nirkabel pada rumah Anda, kemungkinan Anda akan mencari sebuah cara untuk meningkatkan kecepatan jaringan Anda dengan.Banyak cara yang bisa  anda digunakan untuk meningkatkan  sebuah kecepatan jaringan Anda mulai dari  merubah settingan pada software sampai upgrade hardware. Dalam artikel ini kita saya akan menjelaskan penyesuaian sederhana yang dapat meningkatkan sebuah kecepatan jaringan internet Anda.

  • Cari Tempat Yang Tepat Untuk Router Anda (Nirkabel) 
Titik dari awal untuk jaringan nirkabel adalah untuk memastikan tempat router dan diposisikan dengan benar.  Sebuah sinyal nirkabel dapat berkurang karena jarak dan penetrasi ketika melintasi  dan melalui sebuah lantai dan dinding. Idealnya, router dapat diposisikan di tengah  dan semua perangkat yang terhubung ke router, dengan berhadapan langsung.
Anda mungkin perlu meminimalkan sebuah hambatan yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan nirkabel Anda. Coba Anda atur posisikan router di dekat pusat rumah Anda, serta diletakkan di rak jika mungkin, dan tidak dibatasi oleh sebuah dinding.  Bereksperimen dengan menempatkan router di posisi yang berbeda untuk memastikanya Anda tidak memiliki blackspot pada rumah Anda. Sebuah blackspot adalah sebuah area yang di mana perangkat tidak akan dapat terhubung ke router nirkabel dan  hilang contact. Hal ini dapat disebabkan oleh kelebihan penghalang yang menghalangi sinyal. serta Ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengidentifikasi  sebuah blackspot Wi-Fi, NetSpot pada Mac, atau bisa NetStumbler pada Windows. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan sebuag masalah blackspot hanya dengan reposisi router, maka gunakanlah extender Wi-Fi, seperti TP-LINK TL-WA850RE N300  yang dapat meningkatkan sebuah kekuatan jaringan nirkabel Anda dan jangkauanya akan lebih luas pula.
  • Mengoptimalkan Wireless Router Anda
Setelah Anda meletakkan sebuah router nirkabel Anda di lokasi terbaik, Anda masih perlu bekerja untuk meminimalkan gangguan terhadap sinyal.  serta Interferensi dapat berasal dari perangkat elektronik sehari-hari di rumah Anda, termasuk  pada telepon nirkabel dan microwave. Banyak router lama berjalan pada  frekuensi 2.4GHz, seperti halnya gadget lainnya. Ini merupakan ide yang baik untuk menempatkan  sebuah router nirkabel Anda sejauh mungkin dari perangkat yang dapat memancarkan sebuah gangguan.
Channel router Anda juga bisa diatur untuk dapat mengundang sebuah gangguan. Setiap router memilih sebuah “saluran” untuk mengirim serta menerima  suatu transfer data. Jika tetangga Anda memiliki sebuah router yang  dapat diatur ke saluran yang sama, keduanya dapat mengganggu satu sama lain juga, menurunkan sinyal, dan pada akhirnya dapat menghambat sebuah kecepatan jaringan.  Beberapa router akan diatur untuk secara otomatis serta dapat memilih saluran, tetapi jika Anda ingin menggunakanya pada saluran padat setidaknya pada lingkungan Anda, Anda dapat menggunakan program seperti WifiInfoView pada Windows. aplikasi ini gunanya untuk scan menampilkan daftar informasi, semua jaringan di daerah Anda. Jika Anda mengurutkan  sebuah daftar jaringan dengan saluran yang orang lain gunakan (channel), Anda akan dapat melihat mana saluran yang paling padat dan yang paling digunakan di daerah anda. Hanya memilih setiap saluran yang tidak digunakan, atau setidaknya satu yang sedang digunakan  seseorang kurang dari yang lain, masuk ke dalam pengaturan router Anda, anda dapat mengubah saluran tersebut secara manual.

  • Pastikan Semuanya Up to Date
Salah satu cara paling ampud dan sederhana untuk memastikan Anda mendapatkan performa maksimal dari sebuah jaringan Anda atau perangkat keras adalah dengan cara memastikan dan sepenuhnya up to date.  Secara rutin memeriksa sebuah pembaruan firmware untuk router Anda, update driver  anda untuk membentuk komponen seperti kartu jaringan, dan update sebuah sistem operasi untuk komputer Anda.
 
  • Hati – hati Dengan Network Hogs
Network Hogs bisa menjadi  sebuah masalah yang  besar dan signifikan, di mana satu perangkat atau aplikasi menggunakan banyak bandwidth  tersebut dengan mengorbankan yang lain. Dengan menggunaka aplikasi pendukung NetBalancer Anda dapat melihat serta menganalisis lalu lintas jaringan pada komputer Windows. Anda juga dapat melihat  sebuah program mana yang menggunakan bandwidth terlalu besar, dan membatasinya jika perlu.  Untuk gambaran yang dapat lebih rinci dari penggunaan bandwidth tersebut pada jaringan Anda, Anda dapat mencoba aplikasi WireShark. Hal ini  dapat memungkinkan Anda untuk menelusuri semua lalu lintas  yangpada jaringan, serta mengidentifikasi apa yang memperlambatnya.  Kedua program ini bebas dan gratis untuk di-download.

  • Menggabungkan Wired dan Wireless
Kebanyakan orang lebih memilih setting untuk nirkabel untuk jaringan rumah mereka. Lebih mudah untuk menginstalnya, tidak meninggalkan kekacauan pada sekitar rumah Anda, dan lebih fleksibel serta efisien dalam hal penambahan perangkat.  Tapi jaringan nirkabel tidak selalu lebih baik dalam kinerja dan layaknya, serta dalam beberapa kasus yang terjadi, Anda akan mendapatkan perbaikan yang nyata dengan beralih ke perangkat tertentu atau baru.Game, misalnya, manfaatnya juga lebih cepat, koneksi yang juga stabil, dan ini kemungkinan ethernet akan lebih handal dari pada nirkabel(wifi). Juga, jaringan antara dua komputer tersebut di ruangan yang sama mungkin lebih mudah untuk mengelolanya jika mereka saling terhubung secara fisik.  Semua router nirkabel juga sekarang datang dengan beberapa port ethernet yang baru, sehingga menghubungkan perangkat melalui kabel sangat mudah serta membuat jaringan anda semakin cepat.
  • Apakah Panjang Kabel Menjadi Masalah ?  
Jika Anda menggunakan sebuah kabel pada jaringan , panjang kabel yang Anda gunakan secara teoritis juga dapat berdampak pada kecepatan internet, meskipun dalam prakteknya tidak mungkin menjadi  sebuah masalah besar di jaringan rumah Anda.  Sebuah kabel ethernet Cat 5 dapat berjalan ke 328 kaki sebelum sinyal mulai menurun pada pc.
  • Menaikkan Kecepatan
Sangat mudah untuk meng-upgrade sebuah kecepatan jaringan Anda hanya dengan membeli sebuah router-AC nirkabel baru, atau dengan menggunakan kabel ethernet yang juga lebih cepat.  Sementara 802.11ac nirkabel juga dapat mendukung kecepatan hingga 1,3 gigabit per detik, yang berjumlah hingga 166 megabyte per detik, kabel jaringan misalnya Cat 5,serta  Cat 5e dan Cat 6 masing-masing memiliki kecepatan masing-masing 100Mbps, 1000Mbps, dan 10,000Mbps.
Apapun jaringan Anda baik kabel maupun nirkabel, perangkat keras Anda yang memerlukan sebuah dukungan standar dpada i setiap ujung untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kecepatan. Perangkat kabel juga akan membutuhkan Gigabit port ethernet pada kedua ujungnya (komputer dan router), dan perangkat nirkabel ini juga harus mendukung standar 802.11ac.  Dalam kedua kasus tersebut, kecepatan transfer maksimum akan secara dramatis lebih cepat dari pada sebuah koneksi Internet Anda, sehingga Anda mungkin tidak akan melihat  adanya perbedaan  diantaranya kinerja di sana. Tapi transfer file lokal dalam jaringan Anda akan jauh lebih cepat dari pada biasanya.
  • Nonaktifkan Network Throttling
jaringan throttling juga dapat digunakan dalam beberapa versi Windows (termasuk Vista dan Windows 7) untuk mengutamakan  sebuah aplikasi multimedia, tetapi dapat memiliki efek yang sangat buruk pada tugas-tugas lain, seperti mentransfer file besar. 
Untuk menonaktifkan Jaringan Throttling:
1.Pergilah ke Registry     
2.Arahkan jalan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionMultimediaSystemProfile     
3.Cari entri bernama NetworkThrottlingIndex     
4.Untuk mematikan fitur ini, coba ubah nilai FFFFFFFF (heksadesimal).

Ingat, mengedit registri  juga dapat berisiko jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, disarankan mengatur sebuah sistem restore point sebelum Anda mencobanya.

  • Bentuk Traffic Anda  
Banyak router modern yang sekarang sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut Quality of Service, atau QoS. QoS memungkinkan Anda untuk “membentuk”sebuah lalu lintas yang melewati jaringan Anda, dan memprioritaskan aplikasi tertentu.  Anda dapat menggunakan sebuah QoS untuk mengalokasikan lebih banyak bandwidth untuk hal-hal seperti media, Skype atau apa pun yang membutuhkan kecepatan sebuah, koneksi yang handal seeta cepat. Prioritas lalu lintas yang lebih rendah, seperti download atau email akan menggunakan sebuah bandwidth yang kurang bila layanan lain yang digunakan pada jaringan tersebut.  Metode pengaturan QoS juga berbeda dari satu produsen router ke yang lainnya. Dalam kebanyakan kasus daam jaringan, Anda akan perlu untuk login ke sebuah halaman konfigurasi router Anda dari web browser yang terhubung di pc anda.

  • Gunakan Powerline Networking
Jika Anda memilih untuk menambahkan sebuah kabel ke jaringan nirkabel Anda, atau jika Anda  juga punya blackspot Wi-Fi pada rumah Anda, maka jaringan powerline mungkin menjadi solusi yang sempurna. Ini menggunakan sebuah kabel listrik di rumah Anda sebagai jaringan data kabel internet, dengan port ethernet yang melekat pada sebuah soket listrik. serta Starter kit dengan dua adapter – seperti ini 
bervariasi berdasarkan model. Beberapa kecepatan yang dapat dukungan hingga 1Gb / s, meskipun kecepatan dunia nyata sering akan sedikit lebih rendah pula. Meski begitu, mereka cukup cepat untuk bermain game, atau untuk menghubungkan sebuah smart TV untuk streaming saja. Menginstalnya juga sangatlah mudah. Anda terhubung adaptor melalui kabel ethernet ke sebuah perangkat, dan kemudian masukkan ke power supply terdekat. Anda perlu satu adaptor untuk setiap perangkat yang Anda gunakan ini. Jadi, Anda  harus siapkan dan memiliki satu untuk terhubung ke router Anda, satu untuk PC Anda, serta satu untuk konsol game Anda, dan sebagainya.


KESIMPULAN 

Sebuah jaringan rumah tidak perlu memerlukan terlalu banyak manajemen jaringan, tetapi selalu ada cara untuk Anda agar dapat men-tweak agar tetap berjalan lancar di dalam rumah. Terutama ketika Anda menambahkan lebih banyak lagi perangkat atau upgrade komponen.a. Anda juga telah mengatur jaringan rumah? Tweak apa  sajayang telah Anda buat untuk membuatnya bekerja pada kecepatan maksimum pada jaringan rumah.

Demikian artikel tentang  9 Cara mempercepat Kecepatan Internet Jaringan Anda. Semoga bermanfaat.Baca Juga : cara-mempercepat-koneksit-internet-pada-android

0 Response to "9 Cara mempercepat Kecepatan Internet Jaringan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel