Tips Penting Dalam Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Teknisipintar.com - Oke, artikel kali ini Yang mau saya share dengan Sesuai judul diatas adalah bagaimana cara yang tepat dan penting dalam  memilih dan membeli laptop bekas supaya tidak tertipu dan mendapatkan laptop dengan kualitas  yang terbaik. Bukan baru tetapi tidak kalah dengan yang baru
Kekurangan dalam membeli laptop bekas adalah kita tidak bisa menentukan sebuah tipe laptop tertentu yang ingin dibeli.
Tips Penting Dalam Membeli Laptop Bekas Berkualitas


Semisal saja, saya ingin laptop acer one 10. Kalau kebetulan ada yang mau menjual bekas, tidak masalah. Nah, kalau tidak ada kan  menjadi sangat repot. Jadi sebaiknya Anda merencanakan  terlebih dahulu sebelum membeli laptop bekas melalui spesifikasi minimal yang memangAnda butuhkan. Semisal, saya ingin membeli laptop dengan minimal spec: processor i3 RAM 2Gb VGA HD 3000, maka dengan begini akan ada beberapa pilihan  pada laptop yang bisa Anda bandingkan.  Kekurangan lain adalah kita tidak akan tahu pasti apa yang dilakukan pemilik sebelumnya pada laptop yang akan kita beli. Kalau yang ini memang kita harus lebih teliti dan mengecek langsung laptop tersebut supaya tahu fisik dan kinerjanya serta dalemanya. Dari fisik luar laptop biasanya akan diketahui  suatu karakter pemilik sebelumnya, jika terdapat banyak cacat dan goresan pada fisik laptop bisa dipastikan saja si pemilik sebelumnya adalah orang yang ceroboh dan tak bisa merawat laptopnya, jadi kemungkinan besar laptop tersebut sering atau pernah terbentu atau bahkan jatuh. Nah, dari pada ada beberapa beresiko jangan ambil laptop yang seperti ini. Carilah yang masih mulus fisiknya yang pertama.   Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan simak tips beberapa tips ini untuk membeli laptop bekas yang bagus, murah dan berkualitas:
  • SURVEY   
Banyak sekali toko atau penjual laptop bekas di pasaran, pastikan Anda telah mensurvey penjual-penjualnya terlebih dahulu . Selain memperbanyak pilihan laptop, Anda juga dapat membandingkan pelayanan serta harga.   Jika toko atau penjual tersebut mempunyai website, kunjungi dan coba cek apakah ada laptop dengan spesifikasi yang sangat sesuai dengan Anda setelah itu baru kunjungi pada tempatnya dan cek fisiknya secara langsung. Cek juga layanan pada konsumennya, apakah mereka memiliki garansi untuk barang yang mereka jual atau mereka memiliki penawaran lain untuk bagian dari pelayanan pelanggan. Karena hal tersebut akan dapat membuktikan bahwa mereka penjual yang  juga sangat profesional dan bisa dipercaya.   Jika Anda beli dari perorangan, memang agak riskan dan menghawatirkan, maka pastikan Anda mengetahui sejarah dari laptop tersebut, seperti mengapa dijual dan, sudah berapa lama, apakah pernah jatuh ataukah pernah kecelakaan dan lain sebaginya, apakah garansi laptop masih ada
  • CEK HARGA PASARAN  
Bagaimanapun juga alasan utama membeli  barang bekas adalah karena keterbatasan dana, maka kewajiban Anda adalah membandingkan harga bekas dengan harga baru pada toko atau perorangan. Apakah harga tersebut wajar atau kurang ajar, hehe.. karena juga terkadang ada juga yang menjual laptop bekasnya yang kesanya menjual dengan harga yang terlalu murah, eh, ujung-ujungnya bekas jatuh ataupun ada kerusakan lain.   Cari harga wajar untuk sebuah laptop bekas yang pastinya dibawah harga laptop yang baru itu yang penting, jangan terlalu murah karena –menurut saya itu  sangat meragukan

  • GARANSI KERUSAKAN  
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa garansi dari toko itu sangat penting dan sangat membuktikan bahwa laptop tersebut baik-baik saja dan kinerja pelayanan toko tersebut profesional, karena penjual berani menjamin servis secara gratis pada laptop tersebut berarti penjual juga yakin sudah yakin bahwa laptop tersebut juga masih bagus.

  • KONDISI BATERAI DAN CHARGER  
Laptop adalah masalah yang sangat mobilitas, jika Anda harus tergantung dengan colokan pada listrik, tidak ada bedanya dengan Anda membeli  sebuah PC desktop. hehe. Jadi pastikan baterai laptop bekas tersebut masih berfungsi dengan baik dan tidak ngedrop, minimal 2 jam-lah, lebih lama lebih baik.  Charger juga sama, cek-juga apakah masih berfungsi dengan baik dengan melakukan pengecasan pada laptop dan lihat apakah baterai laptop terisi dengan baik, cek juga apakah charger tersebut asli dari bawaan laptop atau bukan, karena jika bukan asli bawaan laptop itu bisa dipastikan akan mempengaruhi harga, artinya Anda bisa menawarnya lebih murah lagi.

  • BELILAH LAPTOP DENGAN MERK TERNAMA
Anda juga dapat membeli laptop bekas, pastikan laptop yang Anda beli itu benar-benar ber-merk terkenal. Carilah diforum-forum merk laptop yang sangat awet dan terjamin kualitasnya. Dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan brand laptop  tersebut maka dipastikan Anda akan lebih bijak dalam memilih sebuah laptop.   

  • TENTUKAN KEBUTUHAN  
Sama  halnya seperti membeli brand new laptop, jika Anda hanya bekerja dengan spreadsheet dan dokumen maka processor juga diperhatikan sekelas celeron atau AMD tipe APU sudah sangat cukup, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang berlebih untuk sesuatu yang belum tentu Anda pakai. Lebih parah lagi jika Anda sudah membeli sesuatu yang belum tentu Anda pakai dengan jumah harga yang bisa untuk mendapatkan laptop baru dengan spesifikasi yang  juga sangat pas dengan kebutuhan Anda. Kan sayang. hehe..  
Sebaliknya, jika Anda membutuhkan sebuah spesifikasi yang cukup untuk bekerja dengan editing,desain,  musik ataupun video maka minimal sekelas i3 dengan RAM 4 Gb saja, saya yakin Anda lebih tahu kebutuhan Anda. Jadi, tentukan  terlebih dahulu spesifikasi minimal calon laptop Anda.  Berikut ini saya sudah sertakan saran spesifikasi berdasarkan kebutuhan


  • AJAK TEMAN YANG MENGERTI IT/KOMPUTER  
Jika Anda sangat awam dengan dunia laptop maka ada baiknya Anda mengajak seorang teman atau rekan yang mengerti laptop, hal ini juga dibutuhkan untuk mengecek laptop apakan masih bagus atau layak untuk digunakan. Karena cek laptop bekas bukan hanya dari fisiknya saja melainkan juga software, driver, kinerja harddisk dan fungsi-fungsi lain yang dimiliki laptop serta dalemanya laptop.


  • CEK SEGEL LAPTOP  
Segel laptop adalah bukti bahwa mesin  tersebut masih belum pernah dibuka, artinya laptop tersebut belum mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga membutuhkan bongkar mesin. Dan itu juga hal yang bagus, karena hal tersebut sedikit membuktikan bahwa laptop bekas tersebut masih dalam keadaan Ok dan baik  serta tidak ada bagian yang diganti atau dikurangi, seperti RAM, Harddisk bahkan Optik.

  • KELENGKAPAN LAPTOP  
Tanyakan juga apa yang Anda akan dapatkan jika sedang membeli sebuah laptop tersebut. Memang yang Anda butuhkan hanya sebuah perangkat laptopnya saja, namun jika kelengkapan lain masih ada seperti CD tas ,driver bawaan laptop, serta aksesoris lain itu akan sangat memudahkan Anda jika suatu saat Anda ingin instal ulang atau keperluan lainnya.  Yang saya dapati pada beberapa toko yang menjual laptop bekas, kelengkapan yang masih ada dan yang mereka tawarkan adalah Laptop dan Charger saja, memang itu yang akan kita pakai namun pastikan  juga Anda menanyakan dimana bisa mendapatkan sebuah driver laptop tersebut. Biasanya juga mereka memiliki driver pack yang juga lengkap, mintalah untuk mengganti CD driver yang tidak ada

  • KONDISI FISIK  
Hal ini juga sudah saya singgung diatas tadi, tapi baiklah saya tulis ulang disini, karena fisik laptop bekas juga bisa mencerminkan sejarah laptop dengan pemilik sebelumnya, jadi cek sebelum membeli apakah fisik laptop tersebut masih mulus ataukah ada sebuah goresan, jika terdapat goresan masih bisa dimaklumi maka belilah, namun jika goresan tersebut sangat parah maka carilah laptop yang lain.  Apa saja yang perlu dicek dari fisik laptop?   Perhatikan juga setiap sudut laptop, periksa apakah ada sebuah goresan atau cacat. Semakin mulus juga semakin baik laptop tersebut. Selanjutnya periksa juga bagian, koneksi wifi , port audio casing, port-port USB, SDcard, dll. Periksalah semuanya apakah dalam keadaan baik dan berfungsi dengan sangat baik. Lalu, periksa kondisi engsel pada laptop, engsel laptop adalah bagian yang sangat sensitif dan juga rentan rusak jika pengguna tidak hati-hati.  Periksa juga layar pada laptop apakah ada dead pixel atau gangguan layar yang lain. Keyboard serta mouse pad adalah bagian penting yang harus di cek pula, Anda bisa memanfaatkan aplikasi keyboard test untuk mengetes laptop tersebut.

Baca Juga : 

YAPS, itulah beberapa saran dari saya jika Anda ingin membeli  sebuah laptop bekas. Semoga artikel tentang tips membeli laptop bekas berkualitas ini akan bermanfaat, jika Anda memiliki saran atau pertanyaan, jangan ragu atau malu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini. Terimakasih.

0 Response to "Tips Penting Dalam Membeli Laptop Bekas Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel