Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update

Teknisikomputer.com - Kemarin setelah liburan akhir pekan, saya menggunakan kembali komputer kerja saya yang terinsatal menggunakan  OS Windows 7 di lab. komputer. Dan Komputerpun Tidak ada masalah yang berarti, hanya perlu update anti virus saja. Saya  juga menggunakan komputer tersebut seperti bisanya. Tiba-tiba  saja pada siang hari ada pemadaman listrik bergilir dari PLN, karena komputer saya menggunakan UPS jadi saya juga masih sempat untuk mematikannya komputer saya secara aman melalui proses ShutDown. 

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update
Namun yang menjadi  pertanyaan dan masalah adalah proses update yang telah dilakukan oleh OS komputer saya sudah terhubung internet dan auto update memang  sengaja saya aktifkan. Seperti yang kita tahu bahwa proses update pada windows tidak bisa dihentikan secara paksa atau di matika powernya, akhirnya saya menunggu proses tersebut dengan berbagai sumber listrik terbatas dari UPS. Karena file update juga lumayan banyak menjadikan proses update kian lama.  Ketika proses update sudah mencapai 90% tiba-tiba saja komputer tersebut mati karena daya pada UPS tersebut sudah habis (maklum, UPS lama..hehe). Akhirnya karena kebetulan pada jam kerja sudah hampir habis dan listrik juga belum menyala juga, saya tinggalkan komputer tersebut dengan perasaan  sangat was-was da prihatin.  kEsok harinya, saya nyalakan kembali komputer tersebut dan menemukkan beberapa error yang muncul di kotak-kotak peringatan pada desktop windows. Perubahan yang terasa adalah update tampilan themes yang menjadi tema classic pada windows dan beberapa fitur windows update yang ikut hilang. 
Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update
Hal pertama yang akan saya lakukan adalah  dengan mengambil CD instalan Windows dan bermaksud untuk meng-upgrade OS windows tersebut. Setelah saya lakukan, ternyata CD instalan saya  juga tidak bisa meng-upgrade karena versinya yang juga lebih lama dari pada OS yang sudah terinstal pada komputer saya ,mungkin saja karena OS terinstal sudah pernah di update, sehingga memiliki file terbaru. Saya juga sudah mencoba untuk langkah repair yang ternyata juga tidak bisa dilakukan karena masalah versi yang tertinggal dari versi yang barunya. Karena 2 hal tersebut tidak membuahkan hasil akhirnya saya akan menuju ke System Restore, untung saja Windows sudah membackup data sebelum terupdate dulu. 
Namun Setelah proses restore yang saya lakukan, tampilan OS sudah kembali seperti sediakala dan fitur windows update sudah bisa dibuka dan di aktifkan. Namun setelah saya cek kembali fungsi windows update pada komputer, komputer tersebut memberikan pesan error “Windows update cannot check for update because the service is not running. You may need to restart your computer”. Saya menjadi mempunyai kesimpulan bahwa masih ada kerusakkan pada system OS saya dalam artian belum 100% fix.

Ada 2 cara yang sudah saya lakukan, namun jujur saja, masalah saya ini belum juga teratasi.  Tidak ada salahnya jika Anda nantinya mau mencoba cara ini, toh langkahnya juga sangat gampang dan mudah dilakukan oleh orang awampun. 

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update


Solusi 1: Gunakan software Microsoft Fix it      
  • Microsoft Fix it khusus dirancang oleh pihak Microsoft untuk mengatasi sebuah permasalahan yang dialami windows serta Windows update. Silahkan Anda download secara gratis Microsoft Fix It ini ke situs resminya, atau kunjungi langsung link ini : http://support.microsoft.com/kb/2730071.      
  • Jalankan Microsoft Fix it tool lalutekan Accept.     Pilih “Detect problem and apply the fixes for me (Recommended)”.     
  • Pilih Windows Update untuk memperbaiki semua masalah ini dan tekan “Next”.     
  • Lalu kemudian Cek hasilnya, lalu tutup Fix It dan cek kembali Windows Updatenya.
Solusi 2 : Menggunakan fitur services.msc    
  • Silahkan kalian tekan Windows key + R untuk membuka cmd/command box.      
  • Lalu Ketikan serives.msc dan tekan enter.     
  • Kemudian Carilah Windows Update Service, lalu klik kanan dan pilihlah Stop.    
  •  Tanpa menutup jendela Services,kemudian silahkan buka My Computer menuju ke folder C:Windows.     
  • Delete folder SoftwareDistribution (atau rename, contoh diubah ke SoftwareDistributionOLD).     kemudian Silahkan menuju ke Services lagi dan klik kanan pada Windows Update Service lalu pilih Start.     
  • Silahkan coba untuk mengupdate Windows Anda lagi
Baca Juga : mengatasi-wifi-windows-is-unable-to-connect-to-the-selected-network

FIX, jika Anda memiliki cara lain atau komentar dan mungkin saran solusi untuk permasalahan seperti yang saya  alami,silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah artikel ini. Ya. Terimakasih :)
Nah, Dari pengalaman saya ini saya jadi bisa mempunyai kesimpulan dan mencari cara dan menemukan beberapa fakta bahwa ternyata Proses update yang bisa muncul ketika shutdown atau restart tersebut bisa kita atur, jadi tidak akan terjadi seperti yang saya alami selanjutnya.

0 Response to "Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel