Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi Di Komputer

Teknispintar.com - kemarin sempat saya menulis tentang 5 cara memilih hardisk eksternal yang bagus dan rekomended, nah, kali ini untuk melengkapi artikel tentang hardisk ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca pada PC/laptop.


Ada banyak kejadian dimana tiba-tiba hardisk ekternal  tersebut tidak terdeteksi pada komputer, jika hardisk anda masih berada di masa garansi maka saya sarankan untuk datang meng-garansikan hardisk anda pada toko tersebut. 
Namun sebelum itu silahkan baca dulu langkah-langkah dibawah ini, siapa tahu kesalahan error bukan dari hardisk anda. Ada kalanya juga kesalahan berasal dari komputer  anda sendiri seperti driver yang belum terinstal atau hardware USB-nya yang memang rusak.Sebelum kita masuk ke tahap memperbaiki hardisk anda, ada kalanya kita mengetahui kenapa dan penyebab-penyebab kerusakan hardisk tersebut tidak terdeteksi
  • kerusakan fisik pada hardware USB 
  • Driver hardisk eksternal tidak dikenali Port / Belum instal driver hardisk
  • USB rusak, 
  • Driver OS komputer bermasalah
  • Hardisk eksternal kekurangan daya 
Nah, dari 4 penyebab  kerusakan hardsk diatas dapat kita coba satu persatu supaya kita mengetahui penyebab hardisk eksternal tersebut tidak terbaca. 

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi Di Komputer


  • Port USB berfungsi dengan baik?  
Biasanya pada satu komputer terdapat beberapa USB yang bisa digunakan, cobalah mencolokkan satu persatu port USB tersebut. Jika anda mendapati hardisk anda sudah dikenali pada port USB yang lain, maka dapat dipastikan port USB anda  pada sebelumnya yang bermasalah.  Untuk meyakinkannya hal tersebut cobalah port USB anda dengan flash drive yang masih bagus dan anda yakini masih bisa digunakan. Sehingga anda tahu port USB  man yang sedang bermasalah dan bukan hardisk eksternal anda. Jika ternyata port USB anda sudah baik-baik saja, silahkan ke langkah selanjutnya dan berdoa supaya hardisk anda selamat.

  • Apakah Driver OS baik-baik saja?  
Di langkah yang satu ini anda perlu memasuki device manager, caranya dengan tekan tombol Windows pada keyboard lalu tuliskan Device Manager di kotak pencarian. Masuk ke Device Manager dan perhatikan beberapa  Unisversal Serial Bus terdapat tanda ‘!’ –pentung—berwarna kuning? jika ada, berarti memang driver OS anda yang sedang bermasalah. 
Coba instal driver USB anda untuk mengatasi hal tersebut. Driver USB  juga berbeda-beda untuk masing-masing jenis pada tiap komputer, silahkan cari yang sesuai dengan hardware komputer anda di google.  Nah, kondisi lain yang memungkinan terjadi adalah jika hardisk tersebut sudah dikenali oleh windows (biasanya muncul dengan proses di taksbar sebelah kanan) tetapi sama sekali tidak muncul pada windows explorer, silahkan menuju  pada Disk Management dengan cara :  Windows + R (pada keyboard) > lalu ketikan diskmgmt.msc => Enter  
Pada Disk Management, anda nantinya akan melihat semua partisi hardisk anda bahkan pada kasus walaupun hardisk eksternal anda  sudah bukan termasuk partisi, akan tetap  saja muncul.  
Di Disk Management ini anda  juga bisa memformat, serta menata partisi dan mengganti beberapa nama drive. Silahkan eksplore semua kemungkinan hardisk yang masih dengan labe hitam bukan biru (hati-hati pada tahap ini karena data anda di hardisk eksternal dapat  saja terhapus, dan jangan sampai salah mengenali hardisk anda salah-salah data dari hardisk bawaan komputer salah klik)

  • Apakah driver Hardisk ekternal dikenali?  
Ada beberapa merk hardisk ekternal  di pasaran yang membekali produk mereka dengan  beebrapa software pabrikan, biasanya merk Lomega , Western Digital, Seagate sudah menyertakan driver untuk hardisk mereka. Jika hardisk ekternal anda mempunyai factory firmware and software tersebut, pastikan driver sudah terinstal pada komputer anda. Hal Ini akan membantu komputer anda lebih cepat mengenali hardisk eksternal anda.

  • Daya ke hardisk eksternal mencukupi?  
Hal ini sangat jarang terjadi tak kecuali jika hardisk eksternal anda adalah jenis hardisk internal PC yang telah  dieksternalkan (tahu maksudnya?), karena hardisk yang jenis ini akan membutuhkan beberapa daya yang juga lebih besar 
biasanya, case/bungkus untuk hardisk pada jenis ini sudah dibekali dengan beberapa port yang terhubung langsung dengan daya listrik.


OK, itu tadi beberapa Tips untuk menyelamatkan hardisk eksternal anda yang sama sekalai tidak terbaca. Satu atau dua cara pada tips diatas mungkin saja dapat menghapus data anda di dalam hardisk eksternal anda. Jika cara diatas tetap saja gagal atau terlalu sulit, cobalah untuk datang ke service center terdekat meski tidak menjamin data anda akan selamat 100%

0 Response to "Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi Di Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel