Cara Memperbaiki Write Protect Pada Flashdisk

Teknisipintar.com - Pernah mengalami sebuah fashdisk tidak bisa di format bahkan ada keterangan flashdisk write protect.Nah artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki error tersebut.Ok langkah-langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengecek dimana  terjadi kerusakan perangkat penyimpanan Anda, Nah, jika cara pada artikel sebelumnya masih belum bisa mengatasi masalah Anda tersebut, silahkan ikuti beberapa metode berikut ini –metode ini lebih advanced dan lebih sukses dibandingkan metode di artikel sebelumnya, harapan saya dengan cara ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali fungsi pada perangkat penyimpanan Anda.  

Cara Memperbaiki Write Protect Pada Flashdisk

Kali ini  akan menggunakan Command Prompt, sebuah fasilitas yang  teah diberikan oleh Windows untuk para teknisi komputer. Command prompt ini dapat Anda temukan pada Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + R dan ketikan cmd lalu tekan Enter. Maka nanti akan keluar jendela baru berwarna hitam dengan tulisan putih tersebut, biarkan jendela comman prompt tersebut terbuka dan ikuti langkah selanjutnya.  
NB : Jika Anda mendapati pesan “Access is denied” pada saat akan membuka command prompt, silahkan jalankan command prompt dengan mode Administrator terlebih dahulu. Dengan cara Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt kemudian klik kanan pada icon command prompt dan pilih Run as administrator
Untuk menggunakan metode command prompt, kita dapat menggunakan perintah Diskpart untuk menghapus write-protection tersebut. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :
  1. Tancapkan perangkat penyimpanan Anda kemudian  
  2. Ketikan diskpart pada command prompt lalu tekan Enter 
  3. Ketikan list disk pada layar command prompt kemudian tekan Enter Disitu akan muncul (biasanya) dua disk –pada disk pertama adalah HDD komputer, yang kedua adalah perangkat dalam penyimpanan Anda. Perhatikan ukuran masing-masing disk anda  untuk memastikan disk mana yang adalah pada perangkat penyimpanan Anda. 
  4. Lalu kemudian select disk X pada command prompt lalu tekan Enter – X adalah angka disk perangkat penyimpanan. Contoh : select disk 2 jika perangkat penyimpan tersebut yang ter-write protected pada disk 2. 
  5. Ketikan attributes disk clear reado nly pada command prompt kemudian tekan Enter. Perintah ini akan menghapus semua perintah pada write-protection yang ada di dalam disk anda. 
  6. Ketikan clean pada command prompt kemudian tekan Enter 
  7. Lalu kemudian Ketikan create partition primary pada command prompt lalu tekan  Enter 
  8. Kemudian Ketikan format fs=fat32 pada command prompt dan tekan Enter (Anda dapat mengganti fat32 dengan ntfs jika memang format tersebut yang anda gunakan pada disk) 
  9. Ketikan exit pada command prompt kemudian tekan Enter untuk keluar dari command prompt -
Baca Juga :  mengatasi-wifi-windows-is-unable-to-connect-to-the-selected-network

Demikian metode-metode yang bisa diterpakan. Semoga artikel ini tentang cara menghapus write-protected pada perangkat penyimpanan ini  akan bermanfaat untuk Anda. 

0 Response to "Cara Memperbaiki Write Protect Pada Flashdisk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel