Cara Memperbaiki Komputer Lemot Dengan Cepat

Teknisipintar.com - Ada berbagai macam alasan mengapa komputer/PC/laptop anda menjadi lemot/lambat dalam bekerja.Virus bisa menjadi alasan pertama yang terpikir oleh benak kita, Bundleware dapat juga menjadi penyebabnya. Dua penyebab yang saya sebutkan tadi juga hanya sedikit dari berbagai macam sebab komputer menjadi akan jadi lambat.  Yang ingin saya sharingkan kali ini adalah penyebab komputer menjadi lambat dikarenakan oleh drive C yang mulai penuh, kalau di Windows7 akan terlihat di explorer kalau drive C anda  akan berwarna merah.
Cara Memperbaiki Komputer Lemot Karena DIsk C Penuh

Pertama kita perlu memahami dulu kenapa drive C yang penuh membuat komputer kita menjadi lambat, penjelasannya adalah karena drive C –umumnya- dipakai sebagai sistem operasi, nah, di windows ada file bernama Pagefile.sys  yang tugasnya adalah ketika anda menjalankan program yang membutuhkan  sebuah RAM besar dan ternyata RAM anda kurang besar, pagefile.sys akan ‘meminjam tempat’ sebagai tempat virtual memory swap untuk membantu pekerjaan RAM sehingga program anda dapat berjalan.  Tempat yang dipinjam oleh pagefile.sys tersebut adalah –umumnya- drive C dimana OS Windows anda terinstal.  Pagefile.sys juga membutuhkan tempat kira-kira 30% dari besar RAM anda. Jadi, idealnya anda bisa sisakan tempat di drive C untuk kebutuhan pagefile.sys tersebut. Jika tempat tersebut tidak ada dan RAM anda kurang maka terjadilah komputer anda akan lambat alias lemot tadi.
Lalu, apakah yang menyebabkan drive C itu penuh?
Berikut ini adalah beberapa penyebabdan  sekaligus cara mengatasinya:

  1. Terlalu banyaknya software/aplikasi yang terinstal, masalah ini juga dapat anda atasi dengan cara masuk ke Control Panel –> Programs and Features. Kemudian Pilihlah program yang sekiranya tidak anda pakai, dan Unintall program tersebut. 
  2. System Restore, meskipun fitur ini juga sangat penting seperti yang pernah saya share disini , namun fitur ini juga bisa cukup memakan banyak tempat. Jika drive C anda sudag kritis, anda bisa menghapus restore point anda. Caranya dengan cara tekan Start klik kanan pada Computer pilih Properties kemudian tekan System Protection. pada jendela Available Drives pilih drive system anda/drive C kemudian klik tombol Configure setelah itu coba klik Delete. 
  3. File Temporary yang berlebih, anda dapat menghapusnya dengan cara  menuju Start kemudian ketik %temp% pada kotak pencarian lalu tekan enter pada keyboard anda. Hapus semua file yang ada di folder tersebut, jika ada file yang sedang digunakan oleh windows maka akan ada pemberitahuan, silahkan anda skip saja. 
  4. File yang ada pada drive C, banyak orang tidak mengetahui bahwa folder Documents, Videos ,Pictures, Music adalah bagian dari drive C. Maka jika folder tersebut sudah terisi file pribadi anda, silahkan anda pindah data tersebut ke drive lain. Lalu  kemudian cek apakah browser default folder untuk download ada di C atau tidak, jika iya silahkan anda pindah ke drive lain.
Baca Juga : cara-membersihkan-virus-shortcut

Anda juga dapat menjalankan Disk Cleanup atau CCleaner untuk menanggulangi masalah tersebut serta kemungkinan kemungkinan lain, anda juga dapat melakukan  untuk Defrag pada komputer anda untuk mengatur kembali file-file yang  sudah berantakan. Jangan lupa untuk mengupdate juga antivirus anda untuk berjaga-jaga jika virus telahmenyerang komputer anda.
Itulah beberapa sebab dan cara mengatasi komputer lambat karena drive C penuh dan membuat lemot pc kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan. Terimakasih.

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer Lemot Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel