Pengertian Dan Penjelasan Memori (RAM KOMPUTER)

Pengertian Dan Penjelasan Memori (RAM KOMPUTER) - Memori (atau lebih tepat dianggap memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk di media penyimpanan data sementara pada komputer.

Setiap program dan data yang selagi diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang ada hanyalah bersifat sementara saja, karena data yg disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer masih terhubung dengan daya listrik (Lebih jelasnya, PC masih tetal dalam keadaan hidup).

Ketika computer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan pada memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, Ada baiknya kita menyimpan semua yang tadi sudah di kerjakan ke tempat penyimpanan media permanen (Seperti Harddisk atau flasdisk).

Sehingga data ini dapat dibuka kembali pada lain kesempatan. Memori (RAM) fisik umumnya diimplementasikan dalam ukuran Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM).

Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya menghasilkan dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial).

Meskipun demikian, kata arbitrary access dalam RAM terkait sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yg hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses sebagaiselaku, ala, menurut, random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data sama sekali tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu.

Selain itu, hard disk drive yang jua merupakan salah satu mass media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke di dalam Random Access Memory.

Pengertian Dan Penjelasan Memori (RAM KOMPUTER)



PENGGUNAAN MEMORI RAM

Komponen utama dalam sistem computer adalah Arithmetic and Common sense Unit (ALU), Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output.

Tanpa memori, pc hanya berfungsi sebagai piranti pemroses sinyal digital aja, contohnya kalkulator atau mass media player.

Kemampuan memori tuk menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang membuat computer dapat disebut sebagai computer multi-fungsi (general-purpose).

Komputer adalah piranti digital, maka kejelasan disajikan dengan sistem bilangan biner (binary). Teks, angka, gambar, suara dan movie dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan biner (binary digit / disingkat bit).

Sekumpulan bilangan biner dikenal dengan istilah BYTE, dimana: 1 bita = 8 bit

1 bit = 1 KARAKTER

1 kilobita = 1024 bita

bps = little bit per second 1 kbps = 1000 bps 1 mbps = 1. 1000. 000 bps

Semakin lebih besar ukuran memorinya maka makin banyak pula informasi yang dapat disimpan di pada komputer (media penyimpanan).

JENIS-JENIS MEMORI

Dibawah ini adalah jenis memori yang sering banget digunakan ;

  • Register prosesor
  • RAM atau Random Access Memory
  • Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
  • Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
  • Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
  • Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
  • Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
  • Flash Memory
  • Punched Card (kuno)
  • CD atau Compact Disk
  • DVD

0 Response to "Pengertian Dan Penjelasan Memori (RAM KOMPUTER)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel