10 Cara Mudah Mempercepat KINERJA Komputer Dan Laptop Yang Lambat (lemot)

10 Cara Mudah Mempercepat KINERJA Komputer Dan Laptop - Mempunyai kinerja komputer/laptop yang bagus adalah kebanggan kita semua. Kerja jadi enak dan nyaman tanpa hambatan komputer lambat atau apalah apalah.



Pasti anda sangat kesal jika tiba-tiba komputer sangat lemot digunakan bahkan malah bisa jadi hang. kendala seperti ini sangat membosankan jika dibiarkan saja tanpa ada perbaikan yang anda lakukan.

Membuat kinerja laptop atau komputer lebih cepat lagi sebenarnya tidak susah susah banget. Hanya perlu beberapa tahapan yang harus anda ketahui dan yang paling penting adalah anda ikuti tips yang akan saya tulis nanti dibawah ini.

Bahkan karna saking lemotnya komputer, anda lebih memilih mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor dengan meminjam komputer/laptop sodara anda. Memang enak sih minjem kalo untuk waktu yang tidak lama hehe.

Berikut ini TIPS yang harus anda lakukan agar kinerja laptop/komputer menjadi lebih cepat

Cara Mudah Mempercepat KINERJA Komputer Dan Laptop


1 .UNINSTALL/HAPUS PROGRAM YANG TIDAK PENTING


Menurut saya uninstall program yang tidak berguna penting banget. Program yang tidak digunakan akan menjadikan proses kerja komputer/laptop anda lebih lambat dari biasanya. Karna kerja processor akan lebih banyak dengan begitu laptop/komputer anda menjadi lemot.

  1. Hapus program yang tidak penting melalui Control Panel :
  2. Klik Start kemudian pilih Control Panel
  3. Kemudian pilih Uninstall Program => Pilih Program yang tidak anda gunakan
  4. Selanjutnya pilih uninstall.


2. PERBESAR KAPASITAS RAM DAN HARDDISK


Dengan menambah kapasitas harddisk anda penyimpanan data akan menjadi lebih mudah. anda bisa membuat partisi sendiri-sendiri untuk mengkategorikan data-data, sehingga ketika ingin mencari data yang dibutuhkan tidak kebingungan dimana menyimpannya.

Progam dan data yang tersimpan dikomputer anda akan mempengaruhi kinerja komputer dan laptop anda. Seperti halnya dengan penyimpanan di otak manusia jika sudah penuh maka akan terasa pusing hehe. Maka saya sarankan untuk mengupgrade hardisk anda ke yang lebih besar untuk mengindari lambatnya kinerja komputer/laptop.


3. HAPUS FILE-FILE SEMENTARA (SAMPAH) PADA RECYCLE BIN

Nah ini juga sangat memperngaruhi kinerja laptop/lomputer anda. file file yang ada/tesimpan di Recycel bin itu belum terhapus secara permanen sehingga sistem windows menganggapnya belum terhapus. Tips menghapusnya dengan klik kanan Recycle Bin maka akan terhapus dengan permanen.

Ada juga software yang bisa anda gunakan untk mengapus program aplikasi yang tidak anda gunakan. Namanya CCLEANER. Anda bisa mendowloadnya secara gratis di internet.

4. JANGAN LUPA MENGINSTAL ANTIVIRUS YANG PALING UPDATE

Memperbarui antivirus yang terinstall dikomputer/laptop itu penting. Antivirus akan membantu sistem windows melindungi dari serangan virus besarta penyebarannya. Apalagi ketika anda menghubungkan USB DRIVE ke komputer itu sangat riskan virus untuk masuk. 

Disitu antivirus akan bekerja, saya sarankan untuk menggunakan/menginstall antivirus yang tidak terlalu berat dan gampang untuk mengupdatenya. Contohnya seperti AVG.


5. CUSTOM VIRTUAL MEMORY

Bagi saya ini penting untuk anda lakukan, lumayanlah untuk menambah lagi kinerja laptop/komputer anda. Silahkan ikuti caranya :

  1. Klik kanan My Computer
  2. Pilih Advanced System Setting => Pilih menu Advanced dan pilih Setting (performance)
  3. Selanjutnya pilih Avanced dan pilih Change Virtual Memory => Hilangkan tanda ceklis pada Automatically manage paging file size for all drive
  4. Kemudian pilih Custom Size dan isikan initial size nya maksimal 2X initial size.


6. MINIMALKAN PROGRAM YANG BERJALAN PADA STARTUP


Sebuah komputer/laptop pasti mempunyai program-program yang berjalan. Ada program windows dan program aplikasi. Diutamakan yang berjalan pada saat startup windows adalah system windows saja, untuk program aplikasinya seperti antivirus boleh dimatikan biar tidak terlalu menghambat kerja dari sistem operasi komputer.

Anda bisa mengatasinya dengan cara disable program-program tersebut dengan cara :
Masuk ke Start => pilih RUN => masukkan kata msconfig => selanjutnya pilih STRATUP = kemudian pilih saja aplikasi yang akan dinonaktifkan agar tidak berjalan. Yang terpenting bukan sistem windowsnya yang di disable.

7. GUNAKAN CCLEANER


CCLEANER Adalah sebuah software yang banyak banget fungsinya. Salah satunya bisa digunakan untuk menguninstall program yang sudah terinstall dikomputer anda. Selain itu CCLEANER bisa anda pakai untuk membersihkan registry-registry windows yang sudah lama tidak dihapus.

Dengan Registry windows yang baru maka komputer/laptop anda akan terasa lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Bagaimana cara menggunakan CCLEANER? Baca artikel ini Cara Menggunakan CCLEANER


8. GUNAKAN DISK DEFRAGMENTER


Gunakan tools ini untuk membantu mengurangi lemot pada komputer/laptop. Anda bisa mendapatkan nya secara gratis di internet.
Setelah download kemudian di install dan terapkan di komputer anda. Fungsi Defrag akan membantu menyusun data ulang jadi lebih teratur.

Cara menggunakannya Pilih Drive yang akan di defrag kemudian klik kanan dan pilih Defrag.


9. MEMINIMALISIR PENGGUNAAN EFEK VISUAL

Dengan keadaan efek visual dikomputer yang sederhana tanpa adanya warna yang begitu mencolok membuat komputer lebih enteng saat digunakan. Untuk membuat efek visual menjadi minimal anda tinggal masuk ke

  1. My Computer klik kanan dan pilih propertis
  2. Kemudian pilih Adavanced System Setting
  3. Pada Visual Effect pilih adjust for best performance
  4. Pilih Apply dan OK


10. HAPUS GADGET YANG TIDAK PENTING PADA DEKSTOP

Menurut saya gadget tidak terlalu penting untuk di install di komputer/laptop. malah akan menjadikan windows terasa berat dan lambat. Memang bagus sih tapi saya sarankan untuk tidak menginstall gadget dikomputer anda.

Demikian Tips Mudah Mempercepat Kinerja Komputer Dan Laptop. Semoga bermanfaat :D

2 Responses to "10 Cara Mudah Mempercepat KINERJA Komputer Dan Laptop Yang Lambat (lemot)"

  1. Hallo selamat pagi,
    Mas Dwi Aprianto saya mau minta tolong apakah advan Tab w100 yang sudah terlanjur upgrade ke win 10 bisa di normalkan kembali ke windows 8.1?
    Mohon bantuan dan info ke emailsaya : sudarmanto.clg@gmail.com

    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudarmanto : kalo partisi windows originalnya belum diformat kemungkinan masih bisa pak

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel