Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS

Apa Bedanya Antara FAT32, exFAT, dan NTFS - Pada saat mau memformat sebuah hardisk, USB flasdiks atau yang lain pasti sobat akan bertemu pilihan antara FAT32, exFAT, dan NTFS. Ketika itu windows tidak menjelaskan format format filesystem tersebut. maka dari itu saya akan mencoba jelaskan filesystem FAT32, exFAT, dan NTFS tersebut dengan detail.

Apa itu FAT32 yaitu filesystem yang pertama keluar dibandingkan dengan yang lain. banyak digunakan pada USB flash drive dan drive eksternal lainnya. Windows menggunakan NTFS untuk menjalankan sistem, dan juga ideal untuk drive internal lainnya. exFAT adalah penggantinya FAT32 yang modern, dan lebih banyak perangkat yang mendukungnya daripada NTFS, meskipun seluas FAT32.

Baca : Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi BAD Sector Pada Hardisk (HDD)

FAT32


FAT32 yaitu filesystem yang paling tua dengan yang lain. FAT32 dipublikasi atau diperkenalkan pada saat masih ada windows 95. FAT32 diciptakan untuk menggantikan filesystem yang lebih tua darinya yaitu FAT16.

Flasdisk yang sobat punya sekarang rata rata menggunakan format FAT32 untuk kompabilitas maksimum. ini berlaku pada semua perangkat atau konsole game yang memiliki port USB.

Kelemahan dari FAT32 yaitu tidak bisa menyimpan data atau file lebih dari 4 GB. dan tidak bisa menyimpan file tunggal.

Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS

Pada USB Flash Drive dan media Eksternal filesystem FAT32 masih dapat digunakan. Berbeda dengan file system NTFS, FAT32 tidak mempunyai hak akses dan fasilitas keamanan. Dan pada zaman yang sudah modern windows tidak lagi memasang format FAT32.

Kompatibel di LINUX, Konsole Game, Max, perangkat simpel dengan port USB dan semua versi windows.

Recomendasi Penggunaan : Pakailah pada removable drive yang tidak memiliki file tunggal lebih dari 4 GB.


NTFS

NTFS adalah format file system zaman sekarang (modern) yang di senangi windows. NTFS pertama kali di perkenalkan oleh sistem operasi windows XP. Pada saat sobat menginstal windows filesystem yang dipakai adalah NTFS.

Keunggulan dari NTFS yaitu mempunyai hak akses data untuk keamanan. Fungsi NTFS sangat penting yaitu untuk peggerak operating system, diutamakan soal perizinan. selain itu filesystem NTFS bisa membantu jika ada kesalahan seperti komputer yang crash, enkripsi, batas kuota disk, dan hard link.

Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS


exFAT

filesystem ini ditujukan untuk pengoptimalan Flash Drive. Dengan maksud agar filesystem ini ringan seperti FAT32 tanpa fasilitas tambahan dari NTFS dan tidak pulsa dibatasi dengan kekurangan FAT32.

Filesystem exFAT ini diperkenalkan kepada pengguna sekitar pada 2006, bebarengan dengan update windows XP dan vista exFAT ditambahkan.

exFAT adalah upgrade ketat atas FAT32, dan harus menjadi pilihan terbaik untuk drive eksternal di mana Anda ingin file system yang ringan tanpa batas ukuran file seperti FAT32.
Seperti NTFS, ExFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi sangat besar. Ini berarti Anda dapat menyimpan file yang lebih besar dari 4 GB masing-masing pada flash drive atau kartu SD jika diformat dengan ExFAT.

Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS


Dapat disimpulkan bahwa NTFS sangat pas untuk format Drive internal. kemudian untuk exFAT cocok untuk format Flash Drive. perlu juga format FAT32 jika filesystem exFAT tidak didukung dengan perangkat yang sobat gunakan.

Demikian artikel Tentang Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS. Semoga bermanfaat untuk saya dan sobat semua. Terimakasih sudah berkunjung :)


0 Response to "Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel