Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer Beserta Gambar

Mengenal Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer - Tentunya sudah banyak yang tau ya apa itu power supply. Menurut pemahaman saya power supply yaitu sebuah perangkat keras berukuran kurang lebih 150mm atau 15cm lebarnya, 86mm atau 8,6 cm. Bentuk power supply kebanyakan adalah kotak. Letak power supply biasanya ada di bagian atas belakang casing komputer.

Pada era saat ini Power Supply merek ATX  paling banyak digunakan oleh user/pengguna dengan alasan harnganya lebih murah dibandingkan dengan merk yang lain. Selain itu power supply ATX sudah mempunyai fasilitas canggih pada waktu itu yang namanya Autoshutdown atau power switch.
Yang dimaksud Autoshutdown adalah komputer langsung bisa dimatikan dengan perintah shutdown tanpa harus sobat tekan tombol power casing. Power supply jenis ATX mulai diperkenalkan bebarengan dengan komputer generasi Pentium III dan sampai saat ini.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply

Ada banyak macam-macam konektor Power Supply yang memiliki fungsi dan tegangan yang tentunya berbeda-beda.

Baca : CARA INSTALL ULANG LAPTOP ASUS X4XX SERIES WINDOWS 7


Jenis-jenis konektor Power Supply Komputer


1. Konektor 20/24 pin ATX MOTHERBOARD
Berbeda dengan mainboard versi lama hanya terdapat 20 PIN saja, untuk tipe tebaru motherboard saat ini sudah memiliki konektor pin rata-ta sebanyak 24. Konektor 24 pin yaitu konektor 20 pin yang ditambahkan 4 pin.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply

Tidak ada bedanya antara konektor 20 dan 24 pin. Keduanya sama sama bisa di lepas pasang digunakan tergantung pada motherboard jenis apa yang mau dipakai.

2. Konektor ATX 4 pin.
Konektor tipe ini mulai diperkenalkan pada era komputer PENTIUM IV hingga sekarang. Fungsi dari konektor ini adalah memberi tegangan khusus untuk Processor. Untuk pentium IV kebawah tentunya belum mengenal konektor ATX 4 pin ini dan tidak menggunakannya.

Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer

3. Molek Konektor/4 PIN peripheral Power Connector
Jenis konektor ini berungsi sebagai memeberikan tegangan kepada  hardware DVD/CD ROM, kipas kasing dan hardisk.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply
4. Konektor Power SATA
Tidak jauh berbeda dengan molek konektor Jenis ini tentunya berfungsi untuk memberikan daya atau tegangan terhadap hardware hardisk SATA dan CD/DVD ROM SATA. yang jelas dipakai untuk hardware yang sudah interfas jenis SATA.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply
5. Konektor Floppy Drive
Konektor jenis ini hanya digunakan pada perangkat Hardware Floppy Disk saja, Karna dizaman yang modern ini floppy disk sudah tidak digunakan maka otomatis konektornya pun tidak dipakai. hanya saja jika anda perhatikan di power supply nya biasanya masih ada.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer


6. PCI-E Konektor 6 pin
Konektor tipe ini berfungsi untuk memberikan daya atau tegangan listrik ke VGA Card PCI-E. untuk VGA Express biasa tidak membutuhkan konektor tipe ini.
Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer


Sekarang coba sobat perhatikan dibagian kabel kabe power supply. Disana terdapat kabel warna warni. Kenapa bisa begitu? Sobat tau apa maksudnya?
Kabel Warna warni Power Supply memang mempunyai fungsinya masing-masing. Jadi sobat gak perlu bingung ya. Berikut dibawah ini keterangan kabel power supply :


  1. Warna Merah = +5 Volt
  2. Warna Kuning = +12 Volt
  3. Warna Orange = +3,3 Volt untuk RAM dan slot PCI
  4. Warna Ungu = +5 Volt sebagai power standby untuk motherboard
  5. Warna Putih = -5 Volt
  6. Warna Biru = -12 Volt
  7. Warna Hijau = berfungsi sebagai Power ON.


Demikianlah Jenis Jenis Konektor pada Power Supply Komputer. Semoga bisa menambah wawasan sobat semua dan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung :)

0 Response to "Jenis-Jenis Konektor Pada Power Supply Komputer Beserta Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel