5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Dengan adanya komputer yang serba fungsi ini komputer digunakan tidak hanya untuk bekerja saja, Perangkat hardware ini bisa di pakai untuk refresh otak kita yang sedang jenuh dengan kegiatan sehari-hari, contohnya kita bisa menggunakan komputer sebagai media bermain game, chating dan masih banyak lainnya. Dengan waktu yang sama kita bisa membuka aplikasi yang sudah terinstall di hardisk komputer secara bersamaan. 

Jika membuka aplikasi secara bersamaan pastilah memakan banyak kapasitas memory. Sehingga menyebabkan komputer menjadi panas dan lemot saat digunakan. Ketika sudah panas dan lemot pasti sangat ngeselin banget dan membuat tidak betah lama lama di depan komputer.

Lalu apa solusi yang tepat untuk mengatasi masalah seperti ini? Silahkan di simak curhatan pengalaman dari admin dibawah ini 

Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


1. Cek Processornya

Jika pada processor produk INTEL panas processor dibatasi sampai 72 drajat celcius, sedangkan produk punya AMD di perbolehkan mencapat 85 drajat celcius. Jadi intinya begini : jika menggunakan processor bermerek intel jangan terlalu berat dalam penggunaanya. dan jika bermerek amd di bolehkan agak berat dalam penggunaanya.

5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


2.  Cek Cooling ( Pendingin sudah kotor terkena debu atau rusak)

Debu sangat berpengaruh dengan kecepatan putaran kipas anda. Ketika kipas sudah terpenuhi dengan debu yang tebal putaran kipas akan menjadi lambat dan menyebabkan processor overheating (kepanasan).
Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan bagian kipas yang terdapat debu dengan kuas khusus dan pastikan kipas berputar dengan normal lagi. Jika sudah tidak bisa lagi silahkan ganti dengan kipas yang baru. anda bisa membelinya di toko komputer terdekat, harganya sekitar kurang lebih 50 ribu.


5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


3. Jangan Overclock BIOS

Overclock yaitu meningkatkan semua komponen yang ada di dalam CPU meliputi VGA, Mainboard, Memory Ram menjadi Maksimal artinya dia akan bekerja lebih cepat dan berat. Inilah penyebab komputer anda cepat sekali panas. dampak buruk dari overclocking ini bisa berakibat matinya fungsi hardware yang telah di overclok tadi. Cara mengatasinya anda bisa kembalikan lagi pengaturan biosnya seperti semula.


5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


4. Power Supply tidak Normal atau sudah Bocor

Power Supply yang telah bocor tidak akan bekerja maksimal. Power supply adalah hardware pertama yang di lalui oleh aliran listrik. Power supply berfungsi menyebarkan aliran listrik ke semua komponen yang ada dalam CPU, salah satunya adalah motherboard.
cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan tambahan alat seperti UPS atau stablizer untuk mendukung kerjanya si power supply.


5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


5. Perhatikan Headshing Alumunium Pada Processor

Apakah Almunium nya sudah menempel pas dengan  processor, jika belum mungkin terjadi problem pada headsing tsb. Selanjutnya silahkan anda cek pada bagian kaki headsing processor apakan ada yang patah. Jika memang benar silahkan anda benerin dengan cara mengelem pada bagian kaki headsing yang patah.


Demikianlah artikel tentang 5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk pembaca :)

1 Response to "5 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel