Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya - Apa sih sebenarnya kendala komputer yang sering restart sendiri dan apa dan langkah-langkah seperti apa yang harus di lakukan.

Pernahkah anda mengalami komputer restart sendiri ? Hal semacam itu cukup membuat agak jengkel saya. Lebih gak enaknya lagi pada saat sedang mengerjakan tugas kuliah atau kantor. Pasti pernah mengalami hal seperti itu, Langkah yang saya lakukan adalah mencari masalah yang terjadi pada komputer. Mulai dari membongkar semua perangkat keras yang ada di dalam casing, Meliputi ; Mainboard, harddisk, memory, dvd rom dan power supply. Semuanya saya bersihkan satu per satu.

Sudah saya duga pada awalnya ternyata memori yang ada terpasang di mainboard sangat kotor, kemudian berinisiatif membersihkan memori tersebut dengan penghapus pensil.


Dan saya pikir masih banyak lagi penyebab komputer restart sendiri yang mungkin belum anda ketahui. Berikut tulisan saya sendiri beberapa penyebab komputer sering restart :

Processor Terlalu Panas



cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Pada dasarnya processor adalah otaknya dari sebuah komputer. sama seperti kita manusia, kita juga memiliki processor yang berfungsi untuk memerintahkan semua aktifitas ke badan kita, itu adalah tugas processornya manusia :)

Processor juga bisa hank karna terlalu banyak program yang di buka oleh pemakai. Proses hank ini biasa di sebut dengan Overheat ( Berlebihan). Cara melihat apakah komputer anda overheat adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama cek keadaan temperatur Hardware monitor yang ada pada BIOS. Atau anda bisa menggunakan software yang bernama CPUID. Untuk mendapatkannya bisa anda cari di internet.
  • kalo tidak mau repot langsung saja buka casing cpu dan lihat apakah di bagian pendingin processor kemudian pegang. Jika sudah tidak dingin maka maka tambahkan lagi thermal pasta nya. Atau bisa menggunakan pasta gigi dan oleskan di bagian bawah pendingin kipas hehe.

 

Power Supply Kurang Daya

 


cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Penyebab komputer restart sendiri bisa terjadi akibat power supply kekurangan daya. Power supply yang juga bisa overheat di sebabkan karna matinya kipas power supply itu sendiri, Akibatnya berdampak terhadap komputer anda. Dari studi kasus yang banyak di temukan Biasanya kipas power supply mati di sebabkan karna kabelnya putus.

Untuk mengetahui keadaan power supply masih normal atau tidak, Cara yang sangat mudah adalah dengan menghidupkan komputer tersebut, dan lihat pada bagian kipas power supply masih berputar atau tidak.

Cek secara manualnya adalah dengan menyentuh pada bagian power supply anda apakah panas atau tidak, Jika power supply terasa panas dan panasnya tidak normal patut anda waspadai. Karna bisa jadi power supply sudah lemah dan silahkan ganti power supply dengan yang baru atau dengan daya yang masih normal.


Harrdisk Sudah Lemah / Bad Sector



cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Komputer restart sendiri berikutnya adalah karna perangkat keras harddisk anda sudah bad sector. Bad Sector terjadi karna ada goresan yang terjadi pada piringan harddisk. Biasanya karna sering terjadi mati mendadak atau mati lampu. Ciri-ciri harddisk yang sudah bad sector adalah sering terjadi Blue screen

Untuk mencoba mengatasi harddisk Bad sector ada banyak cara yang bisa anda lakukan dengan cara mengaktifkan checkdisk. Proses ini akan membantu meningkatkan performa harddisk yang sudah bad sector. Harddisk yang tadinya lemot bisa berubah agak mendingan.


VGA Bermasalah / RUSAK

 


cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Komputer yang sering restart sendiri juga bisa di sebabkan karna Vga yang bermasalah. Vga adalah perangkat keras yang mendukung berjalannya grafik komputer anda. Dan lagi-lagi Vga yang rusak di sebabkan oleh Overheat. ini bisa terjadi karna kipas yang berada di Vga card tidak berfungsi
Akibatnya Jika Vga card sudah rusak maka di monitor akan menampilkan gambar yang rusak atau tidak optimal seperti Vga card yang masih normal. Karna Vga sudah rusak akan memicu terjadinya komputer restart sendiri. Ada baiknya anda melakukan pengecekan Vga secara berkala agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Memory RAM RUSAK

 

cara mengatasi komputer mati/restar sendiri
Komputer sering restart yang selanjutnya terjadi jika ram sudah bermasalah atau rusak. Masalah ini paling sering saya alami sendiri. Ketika komputer restart yang pertama saya cek adalah memorinya, Setelah itu di bersihkan dengan penghapus. Alhasil alhamdulillah bisa normal kembali.

Demikianlah artikel Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda dan kita semua ^_^

0 Response to "Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel