Jenis-Jenis Kode Error Pada Printer MP 258 P dan E

Jenis-Jenis Kode Error Pada Printer MP 258 P dan E
Cannon MP 258
Jenis-Jenis Kode Error Pada Printer MP 258 P dan E - Kode eror pada printer canon – apa yang kamu fikirkan disaat kamu menggunakan printer dan muncul sebuah tampilan yang menunjukan eror P02, E03, dll. Kamu pasti akan berfikir bahwa printer kamu saat ini sedang mengalami masalah atau kerusakan dan harus cepat - cepat di bawa ke tempat service terdekat. Tapi taukah kamu bahwa kode P02, E03, dll itu menunjukan kode eror yang bahkan kita bisa memperbaikinya sendiri? Kali ini kita akan membahas tentang kode eror pada printer, apa kerusakannya, dan bagaimana cara menanggulanginya. 

Setiap printer memiliki kode eror masing masing (beda tipe, beda kode eror). Jadi gak sembarangan untuk memecahkan masalah eror pada printer kamu yang bermasalah. Perlu referensi dari internet, teknisi, atau sarana lain tentang eror printer kamu sendiri. Kali ini saya mau mengambil sample yaitu kode eror pada printer canon MP 258. J

Pada printer MP 258 mempunyai 2 jenis kode eror, yaitu:
Kode eror yang menggunakan huruf depan, P seperti contoh P02
Kode eror yang menggunakan huruf depan, E seperti contoh E03

Langsung aja untuk kode eror yang menggunakan huruf depan P antara lain :

  • P02 = carriage eror, coba buka tempat carriage dan coba bersihkan, pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  • P03 = Line feed eror, penyebabnya timing disk kotor/rusak. Cek timing disk sensor di sebelah kiri printer lalu cek dan bersihkan boardnya
  • P05 = ASF sensor eror, sensor pendeteksi kertas eror. Coba ganti salah satu spare part : 1. ASF / PE sensor unit ; 2. Motor; 3. Board printer
  • P06 = internal temperature error, dikarenakan panas yang berlebihan di dalam printer. Coba bersihkan bagian dalam printer atau ganti board printer.
  • P07 = Ink absorber full, Ink Counter full / penuh, printer minta di reset pakai software. Coba reset printer pakai software
  • P08 = print head temperature rise error, head terlalu panas melebihi ambang batas, biasanya catridge colournya yang bermasalah. Coba ganti catridge colour/warna nya.
  • P09 = EEPROM error, EEPROM boarnya mengelami corrupt/rusak. Ganti aja Board printernya.
  • P10 = logic Board, carriage unit, kedua catridge rusak, biasanya terjadi dikarenakan catridge di biarkan kosong dan di pakai untuk mencetak terus, akibatnya panas dan terjadi kerusakan di salah satu komponen seperti logic board, carriage unit, atau kedua catridge. Cara mengatasinya coba ganti salah satu sparepart berikut : 1. Catridge PG810 atau CL811 (bisa keduanya); 2. Carriage unit lengkap sama kabel headnya; 3. Adaptor; 4. Logic Board (mainboard printer).
  • P15 = USB VBUS over current, printer kelebihan arus darri kabel USB printer. Solusinya coba ganti kabel USB nya, kalau masih keluar juga tuh kode eror ganti Board Printernya.
  • P20 = Other Hardware Error, kerusakan Hardware lainnya. Solusinya ganti Board printernya.
  • P22 = Scaner Error/ tidak bisa berfungsi. Ganti scaner printer atau ganti board printernya.
Nah yang ini yang menggunakan Huruf Depan E :
  • E04, E14, dan E15 = catridge tidak terpasang dengan baik. Ambil catridge/dicopot lalu pasang lagi.
  • E05 = catridge canon tidak terpasang baik atau salah satu catridge ada yang rusak. Copot catridge, trus pasang lagi, kalo rusak, ya diganti.
  • E13 dan E16 : Ink has run Out / catridge minta di reset. Tean tombol stop / reset selama 5 – 15 detik tunggu sampai Led display berproses.


Nah sekian dulu deh dari kita, kuncinya, apapun masalahnya pantengin terus di Teknisi Pintar. Semoga bermanfaat ^-^

0 Response to "Jenis-Jenis Kode Error Pada Printer MP 258 P dan E"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel