Tutorial Android, Komputer Dan Printer

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Low Level Format

Teknisipintar.com - Peranan hard disk sangat penting sekali dalam suatu perangkat komputer. Banyak sebab yang membuat hard disk Anda mengalalni bad sector, seperti sering di format, adanya virus, atau usia dari hard disk itu sendiri. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda harus melakukan beberapa langkah, mulai dari pemeriksaan sampai instalasi software,

Cara praktis yang dapat dilakukan adalah dengan sistem low level format. Untuk mengetahui apakah komputer Anda mengalami bad sector atau tidak lakukan pemeriksaan berikut.

1.    Klik menu [Start] > [Run],

2.    Ketik chkdsk/f/v/r/x c:

3.    Biasanya komputer akan minta restart. Kemudian akan muncul halaman informasi, tekan Y, kemudian Enter untuk me-restart komputer.

4.    Setelah itu, akan muncul proses scan pada hard disk Anda.

5.    Anda dapat melihat apakah hard disk Anda mengalami bad sector atau tidak (biasanya, jika prosesnya lama atau berhenti di tengah proses, berarti komputer Anda mengalami bad sector).

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Low Level Format

Jika sudah mengetahui bahwa hard disk komputer Anda bad sector, Anda bisa menjalankan low level format dengan persiapan berikut.

1.    Persiapkan disket, CD, atau flasdisk.

2.    Backup semua data yang ada di hard disk yang akan di-low level format agar data Anda tidak hilang. Anda dapat melakukan backup secara manual atau menggunakan software seperti yang dijelaskan di atas.

3.    Download software untuk low level format sesuai dengan merek hard disk yang Anda gunakan (setiap vendor berbeda). Berikut ini beberapa software low level format yang sering digunkan.

•    Sutil untuk hard disk merek Samsung.

•    Seatool untuk hard disk merek Seagate.

•    Maxblast untuk hard disk merek Maxtor.

•    Data lifeguard untuk hard disk jenis Western Digital.

•    LLF untuk hard disk merek Quantum.


4.    Sebelum memilih software yang digunakan, periksa dulu jenis hard disk yang Anda gunakan. Klik kanan My Computer, pilih Manage. Pilih Device Manager, kemudian klik Disk Drive akan muncul tipe hard disk Anda.

5.    Setelah Anda menemukan salah satu software di atas sesuai dengan merek hard disk, langkah selanjutnya adalah install software low level format tersebut ke dalam sebuah disket, CD, atau flasdisk (perhatikan softwarenya apakah support dengan perangkat tersebut).

5.    Setelah selesai, restart komputer Anda, kemudian booting melalui disket, CD, atau flasdisk.

6.    Anda dapat menjalankan low level format sekarang, ikuti saja langkah-langkahnya.

7.    Low level format yang Anda jalankan sudah selesai.

8.    Setelah hard disk bebas dari bad sector, Anda dapat menginstal OS yang baru.


Demikian Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Low Level Format.Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Sponsored : Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Low Level Format

0 comments:

Post a Comment